• Sosialisasi Peraturan Akademik (PA)
    Sosialisasi Peraturan Akademik (PA)
  • Direktur SPs-USU Membuka Koper Soal Ujian TPA-BAPPENAS
    Direktur SPs-USU Membuka Koper Soal Ujian TPA-BAPPENAS
  • Senam Pagi Pegawai SPs USU
    Senam Pagi Pegawai SPs USU
  • SELAMAT KEPADA PROGRAM STUDI MMPP MENDAPAT AKREDITASI
    SELAMAT KEPADA PROGRAM STUDI MMPP MENDAPAT AKREDITASI "A"
  • Kuliah Umum Program Magister dan Doktor Semester Ganjil T.A 2019/2020 Auditorium USU
    Kuliah Umum Program Magister dan Doktor Semester Ganjil T.A 2019/2020 Auditorium USU
  • Team Assesor BAN-PT Program Magister Manajemen Properti dan Penilaian
    Team Assesor BAN-PT Program Magister Manajemen Properti dan Penilaian
  • Workshop/Revisi Penyusunan RPS dan SAP
    Workshop/Revisi Penyusunan RPS dan SAP
  • Musrenbang Sekolah Pascasarjana USU tahun 2019
    Musrenbang Sekolah Pascasarjana USU tahun 2019
  • Selamat Datang Team Assesor BAN-PT Program Magister Perencanaan Wilayah dan Pedesaan
    Selamat Datang Team Assesor BAN-PT Program Magister Perencanaan Wilayah dan Pedesaan

*Memanfaatkan Pasir Pantai di Sumatera Barat, Martha Rianna telah berhasil meraih gelar Doktor dalam Usia 26 tahun di Universitas Sumatera Utara*

Martha biasa dipanggil seperti itu, perjuangan yang gigih bagi perempuan ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik namun berkat kerja keras dan doa akhirnya berbuah manis. Dalam keputusan hasil ujian sidang terbuka dipimpin oleh Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H, M.Hum menyatakan bahwa Martha Rianna Lulus kategori A dan IPK 4.00 dengan predikat kelulusan Dengan Pujian (Cumlaude) dan berhak menyandang gelar Doktor. 
 
Dr. Martha Rianna sangat bersyukur dapat menyelesaikan pendidikan tertinggi secara akademik di perguruan tinggi.  Ia bercerita ingin mewujudkan impian ayahnya yang ingin meraih gelar Doktor yang bernama Drs. Walfred Tambunan, M.Si merupakan dosen di Jurusan Fisika Universitas Riau yang sudah memasuki purnabakti sejak tahun 2017. Kini impian ayahnya sudah terwujud dengan gelar Doktor yang telah diraihnya. Selain menjalankan penelitian di laboratorium, Martha Rianna juga ikut berpartisipasi sebagai Volunteer NOC Assistant di 13th Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 
 
IMG 20190725 WA00211
FOTO : Dr. Martha Rianna Lulus kategori A dan IPK 4.00 dengan predikat kelulusan Dengan Pujian (Cumlaude) dan berhak menyandang gelar Doktor dalam Usia 26 tahun di Universitas Sumatera Utara
 
Martha Rianna dilahirkan di Jakarta 21 Maret 1993 ini merupakan lulusan S1 Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau yang melanjutkan studi melalui program beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti Batch II pada program studi Doktor Ilmu Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. Program PMDSU di Universitas Sumatera Utara yg dikelola oleh Sekolah Pascasarjana, yang dipimpin oleh Direktur Sekolah Pascasarjana USU Prof. Dr. Robert Sibarani, MS, dengan Wakil Direktur I Prof. Dr. Dwi Suryanto,M.Sc dan Wakil Direktur II Prof. Dr. Suwardi Lubis, MS.
 
 Selama studi S3 di Universitas Sumatera Utara, waktu yang ia miliki senantiasa digunakan untuk melakukan penelitian secara penuh, disiplin dan berdedikasi tinggi. Dalam Disertasinya ia mengangkat judul "Sintesis Bahan Magnet BaFe12-2xMgxAlxO19 (x=0-0.5%mol) Berbasis Bahan Baku Komersil dan Pasir Besi Alam Sumatera Barat untuk Material Penyerap Gelombang Mikro". Dibimbing oleh empat Professor dibidangnya yaitu Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc sebagai promotor utama, Prof. Dr. Masno Ginting, M.Sc dan Prof. Drs. H. Perdamean Sebayang, M.Si dari Pusat Penelitian Fisika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Serpong-Jakarta dan Prof. Dr. Marhaposan Situmorang.
 
Memanfaatkan pasir dari salah satu pantai di Sumatera Barat telah berhasil dibuat bahan magnet barium hexaferrite untuk menyerap gelombang mikro. Aplikasi riset ini ditujukan untuk menyerap radar pada pesawat yang seolah menjadi kumpulan burung di udara dan kapal selam seolah menjadi kumpulan ikan hiu di laut. Selain itu aplikasi material ini dapat dipergunakan untuk menyerap radiasi pada alat microwave yang dapat menganggu kesehatan tubuh manusia. Dari hasil penelitian ini, telah dipublikasikan pada beberapa Jurnal Internasional terindeks Scopus, Seminar Internasional, Jurnal Nasional, Paten Sederhana dan Buku Ajar ISBN. 
 
Bagi Martha Rianna, IPK 4.00 bukan membuat dia cepat puas. Dia akan selalu tetap melanjutkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menyalurkan ilmu yang telah didapatnya semas perkuliahan hingga menyelesaikan gelar doktor. Sekarang, ia telah menjadi doktor muda yang masih terus mengembangkan bakat dan minatnya, membagikan ilmu yang telah didapatnya untuk nusa dan bangsa agar dapat membantu permasalahan yang ada di masyarakat dengan solusi yang kreatif dan bermanfaat bukannya hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga, dan terutama untuk bangsa dan negara.