• Selamat Datang Team Assesor BAN-PT Program Magister Perencanaan Wilayah dan Pedesaan
    Selamat Datang Team Assesor BAN-PT Program Magister Perencanaan Wilayah dan Pedesaan
  • Senam Pagi Pegawai SPs USU
    Senam Pagi Pegawai SPs USU
  • Team Assesor BAN-PT Program Magister Manajemen Properti dan Penilaian
    Team Assesor BAN-PT Program Magister Manajemen Properti dan Penilaian
  • Direktur SPs-USU Membuka Koper Soal Ujian TPA-BAPPENAS
    Direktur SPs-USU Membuka Koper Soal Ujian TPA-BAPPENAS
  • Kuliah Umum Program Magister dan Doktor Semester Ganjil T.A 2019/2020 Auditorium USU
    Kuliah Umum Program Magister dan Doktor Semester Ganjil T.A 2019/2020 Auditorium USU
  • Sosialisasi Peraturan Akademik (PA)
    Sosialisasi Peraturan Akademik (PA)
  • Workshop/Revisi Penyusunan RPS dan SAP
    Workshop/Revisi Penyusunan RPS dan SAP
  • SELAMAT KEPADA PROGRAM STUDI MMPP MENDAPAT AKREDITASI
    SELAMAT KEPADA PROGRAM STUDI MMPP MENDAPAT AKREDITASI "A"
  • Musrenbang Sekolah Pascasarjana USU tahun 2019
    Musrenbang Sekolah Pascasarjana USU tahun 2019

Focus Group Discussion (FGD) Akreditasi BAN PT dengan 9 Kriteria

Sekolah Pasacasarjana mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Akreditasi BAN-PT dengan 9 Kriteria pada tanggal 17 September 2019 di Gedung Sekolah Pascasarjana USU . Pembukaan acara oleh Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc (Wakil Direktur I)  dan sekolah pascasarjana mengundang narasumber yaitu Dr. Jonner Hasugian, M. Si (Kepala Perpustakaan USU) dimana beliau menerangkan  BAN-PT Instrumen Akreditasi Program Studi IAPS 4.0 menggunakan 9 Kriteria sebagai berikut:

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran
  2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
  3. Mahasiswa
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian kepada Masyarakat
  9. Luaran dan Capaian Tridharma

IMG 20190917 092649

Foto : Narasumber FGD Akreditasi BAN PT dengan 9 Kriteria (tengah)

Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) harus disusun berdasarkan:

  1. jenis pendidikan, yaitu vokasi, akademik, profesi;
  2. program pendidikan, yaitu program diploma, sarjana, sarjana terapan,
    magister, magister terapan, profesi, spesialis, doktor, dan doktor terapan;
  3. modus pembelajaran, yaitu tatap muka dan jarak jauh; dan
  4. hal-hal khusus.

IAPS 4.0 berorientasi pada output dan outcome. Pengukuran mutu lebih dititikberatkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input.IAPS 4.0 terdiri dari Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Akademik (LKA).

  • Laporan Evaluasi Diri yang menggambarkan status dan analisis capaian masing-masing kriteria. Unit pengelola program studi diharapkan mampu menemukenali kekuatan yang dimiliki serta aspek yang perlu mendapat perbaikan di program studi yang diusulkan akreditasinya.
  • Laporan Kinerja Akademik (LKA) yang memuat data capaian indikator kinerja program studi, yang secara bertahap akan diintegrasikan dengan PD-Dikti.

Hasil akreditasi dengan IAPS 4.0 akan dinyatakan dalam bentuk status akreditasi dan peringkat terakreditasi sebagai berikut:

  1. Status akreditasi : Terakreditasi atau Tidak Terakreditasi
  2. Peringkat Terakreditasi : Baik, Baik Sekali, Unggul

beliau mengatakan juga bahwa paling cepat pengerjaan 9 kriteria ini dikerjakan 6 bulan sebelum visitasi team asessor datang ke setiap program studi yang akan akreditasi.