Sejarah

Universitas Sumatera Utara (USU) diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 20 November 1957, berkedudukan di Medan, Sumatera Utara. Pada mulaberdirinya USU hanya memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Kemasyarakatan,danFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sebelum Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menetapkan kebijaksanaan pendidikan multistrata, USU telah menghasilkan beberapa Doktor dalam Ilmu Hukum dan Ilmu Kedokteran. Pada kurun waktu yang sama Fakultas Kedokteran USU telah pula mengembangkan berbagai Program Pendidikan Dokter Spesialis.

Sekolah Pascasarjana USU dimulai dengan Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) IPB-USU pada tahun 1985 untuk program studi Ilmu Tanah, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, danPerencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan.Tahun 1988, kembali dibuka program KPK S2 Ilmu Hukum Keperdataan dengan Universitas Gadjah Mada-USU.

Mulai tahun akademik 1992/1993 program studi S2 Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan, program studi S2 Ilmu Tanah, program studi S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan,  program studi S2 Agronomi, dan program studi S2 Ilmu Hukumsepenuhnya menyelenggarakan proses akademik di Universitas Sumatera Utara di bawah pengelolaan Program Pascasarjana USU. Sesuai dengan perkembangan kebutuhan lulusan dan ketersediaan sumberdaya di USU sampai tahun 2010 hampir seluruh program sarjana memiliki program magister dan doktor.

Berdasarkan kebijakan universitas dan mengacu kepadaAD/ART USU BHMN tahun 2009 program studi magister dan doktor monodisiplindialihkan pengelolaannyake fakultas.Program magister yang dikembalikan ke fakultas berjumlah 21 program studi dan program studi doktor berjumlah 5 program studi. Beberapa program studi monodisiplin masih dikelola di SPs USUsampai tahun 2013.

Saat ini USU memiliki 62 program studi pascasarjana yang terdiri atas 40 program studi magister dan 22 program studi doktor, dengan 6 program studi (2 program studi doktor dan 4 program studi magister) di bawah pengelolaan Sekolah Pascasarjana, yaitu: Program Studi Doktor Perencanaan Wilayah (PW), Program Studi Doktor Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD), Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), Program Magister Manajemen (MM), dan Program Studi Magister Manejemen Properti dan Penilaian (MMPP). Program studi MMPP merupakan program studi terbaru yang proses akademis dimulai tahun 2011.