Magister Manajemen (MM)

Ketua Program Studi

Dr. Isfenti Sadalia, SE, ME

 

Latar Belakang

Daerah Sumatera Utara merupakan pintu gerbang ekonomi Kawasan Barat Indonesia, yang letaknya sangat strategis dengan kawasan perdagangan Asia Tenggara, Seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Potensi ekonomi dan wilayah yang sangat strategis tersebut mendorong kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional dalam bidang manajemen yang mampu memanfaatkan posisi dan peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan dan kesejahteraan masyarakat secara optimal.Universitas Sumatera Utara sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri bertanggung jawab untuk mengemban tugas dalam upaya mempersiapkan manajer profesional untuk memenuhi kebutuhan industri.Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No.516/DIKTI/Kep/1996, sejak bulan April 1997 Universitas Sumatera Utara (USU) membuka Program Studi Magister Manajemen dibawah Sekolah Pascasarjana. 

Saat ini Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana USU (MM-USU) menyelenggarakan Pendidikan dengan kekhususan :

1.    Akuntansi Manajemen

2.    Manajemen Agribisnis

3.    Manajemen Teknologi

4.    Manajemen Pemasaran

5.    Manajemen Sumber Daya Manusia

6.    Manajemen Keuangan dan Perbankan

7.    Manajemen Pamasaran Teknologi

8.    Manajemen Teknologi Pemasaran

9.    Manajemen Kewirausahaan 

 

Tujuan Pendidikan

Program Studi Magister ManajemenSekolah Pascasarjana USU mengembangkan sistem pendidkan manajemen Profesional dengan sasaran :

a. Meningkatkan kualitas keahlian peserta, baik teoritis konseptual maupun keterampilan praktis manajemen bisnis

b. Meningkatkan kemampuan manajerial profesional peserta

c. Meningkatkan wawasan para peserta sehingga mampu bersaing pada tingkat regional, nasional maupun internasional

d. Menumbuh kembangkan kebiasaan peserta untuk menggunakan konsep-konsep menajemen ilmiah (sciertific management) di dalam pengambilan keputusan sehingga hasilnya terukur.

e. Meningkatkan kemampuan peserta dalam menenali, menciptakan dan memanfaatkan peluang bisnis secara profesional. 

 

Sekretariat Program Magister Manajemen : Jalan Sivitas Akademika Kampus USU

Website : mm.usu.ac.id

Telp/ Fax. (061) 8218179, e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Brosur Magister Manajemen (MM) : DOWNLOAD

 

KURIKULUM MAGISTER MANAJEMEN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Semester 1

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

MMU 511

Ekonomi Bisnis (Business Economics)

2

 

MMU 512

Manajemen Pemasaran (Marketing Management)

2

 

MMU 513

Inovasi & Kewirausahaan (Enterpreneurship)

2

 

MMU 514

Manajemen Operasi (Operations Management)

2

 

MMU 515

Akuntansi untuk Manajer (Accounting for Managers)

2

 
 

JUMLAH

10

   

 

Semester 2

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

MMU 521

Metode Penelitian Bisnis (Business Research Method)

2

 

MMU 522

Manajemen Keuangan (Financial Management)

2

 

MMU 523

Manajemen Sumberdaya Manusia (Human Resources Management)

2

 

MMU 524

Analisis Lingkungan Bisnis (Business Environment Analysis)

2

 

MMU 525

Hukum Bisnis dan Etika Bisnis (Business Law and Business Ethics)

2

 

 

JUMLAH

10

   

 

Semester 3

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

MMU 531

Manajemen Strategis (Strategic Management)

2

 

MMU 532

Sistem informasi Manajemen (Management Information System)

2

 

MMU 533

Metode Kuantitatif (Quantitative Methods)

2

 

MMK

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 1

2

 

MMU 534

Komunikasi Profesional (Professional Communication)

2

 
 

JUMLAH

10

   

 

Semester 4

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

MMK

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 2

2

 

MMK

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 3

2

 

SPs 601

Kolokium (Colloquium)

1

 

SPs 690

Seminar Hasil (Finding)

1

 

SPs 699

Tesis (Thesis)

4

 

 

JUMLAH

10

   

 

JUMLAH  SKS 40

 

MATA KULIAH KONSENTRASI MANAJEMEN DIGITAL MARKETING 

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

 

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

     

MMK 611

Branding and e-Marketing

2

 
 

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi(Pilih 2)

     

MMK 612

Logistic and e-distribution management

2

 

MMK 613

Global marketing

2

 

MMK 614

Service Marketing

2

 

MMK 615

Consumer behavior

2

 

MMK 616

Advanced Marketing Strategy

2

 

MMK 617

Integrated marketing communication

2

 

 

MATA KULIAH KONSENTRASI MANAJEMEN HUMAN CAPITAL 

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

 

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

     

MMK 621

Human Capital Performance Management

2

 
 

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi(Pilih 2)

     

MMK 622

Man power development

2

 

MMK 623

Human factor engineering

2

 

MMK 624

Cultural Diversity and Management

2

 

MMK 625

International human resource strategic

2

 

MMK 626

Talent Management

2

 

MMK 627

Conflict Management

2

 

 

 MATA KULIAH KONSENTRASI MANAJEMEN INOVASI & KEWIRAUSAHAAN 

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

 

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

     

MMK 631

Enterprise Resource Planning

2

 
 

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi(Pilih 2)

     

MMK 632

E-commerce & Small Business Management

2

 

MMK 633

Corporate and Social Entrepreneurship

2

 

MMK 634

Technopreneurship

2

 

MMK 635

Bussiness Simulation

2

 

MMK 636

Entrepreneurial finance

2

 

MMK 637

Quality Management

2

 

 

MATA KULIAH KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN& PASAR MODAL

Kode

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

GANJIL

SEMESTER

GENAP

 

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi

     

MMK 641

Financial Risk management

2

 
 

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi    (Pilih 2)

     

MMK 642

Management Investment

2

 

MMK 643

Financial Information Analysis

2

 

MMK 644

Project Appraisal and Financing

2

 

MMK 645

Behavioral Finance

2

 

MMK 646

International Financial Management

2

 

MMK 647

Strategic Financial Policy

2

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH MAGISTER MANAJEMEN SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA 

MMU 511

Ekonomi dan Bisnis

Business Economics

Mata kuliah ini membahas  konsep – konsep ekonomi dan manajemen untuk bisnis. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah pengenalan terhadap lingkungan ekonomi baik makro maupun mikro, lingkungan bisnis, definisi manajemen untuk bisnis, fungsi bisnis internal dan berbagai aspek yang terkait dengan manajemen strategis bisnis.

MMU 512

Manajemen Pemasaran

Marketing Management

 Menjelaskan konsep-konsep pemasaran mulai dari sistem informasi pemasaran, pasar Konsumen dan perilaku pembelian konsumen, Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri,Bagaimana mensegmentasi, membidik dan melakukan positioning di pasar guna mendapatkan keunggulan bersaing,   Pemasaran langsung dan on line, Pemasaran Satu PerSatu (One To OneMarketing), Strategi Persaingan, Menarik serta Mempertahankan dan Menumbuhkan Pelanggan,Pasar Global, Pemasaran Dan Masyarakat: Tanggung Jawab Sosialdan Etika Pemasaran hingga Analisis Terhadap Pesaing.

 

MMU 513

Inovasi & Kewirausahaan

Innovation and Enterpreneurship

Mata kuliah ini menekankan pentingnya inovasi, teknologi, dan kewirausahaan dalam perkembangan bisnis.  Mata kuliah ini mengajarkan kewirausahaan mulai dari konsep dasar, entrepreneural mindset, peran wirausaha, proses perkembangan bisnis, kreativitas, inovasi, dan mengelola inovasi.

Inovasi memerlukan daya pikir kreatif dan kemampuan untuk memperbaiki proses dan mengubah ide menjadi barang atau jasa yang dibutuhkan atau diterima oleh pasar.  Pemimpin inovasi dituntut menyeimbangkan dua kutub tersebut: front-end (kreatifitas) dan back-end (sistem dan prosedur untuk mengubah kreatifitas menjadi barang/jasa riil).  Mengingat inovasi mengandung risiko kegagalan, pemimpin inovasi harus memiliki visi yang kuat akan masa depan (mimpi) namun tidak terlepas dari realitas yang dihadapi organisasi.  Esensi inovasi adalah perubahan.  Analisis bisnis juga akan diperdalam dalam mata kuliah ini.  Dalam perkuliahan ini mahasiswa dibentuk menjadi percaya diri dalam memulai bisnis dan mengelola usaha.

MMU 514

Manajemen Operasi

Operation Management

Mata kuliah ini membahas manajemen operasi yang berfokus pada proses pengelolaan untuk memproduksi barang dan jasa.  Pengelolaan aktivitas mulai dari pembelian, kualiti kontrol, penyimpanan, kontrol persediaan, produksi, dan distribusi dibahas dalam mata kuliah ini.  Pembahasan juga mencakup isu isu strategik tentang pemilihan lokasi dan perencanaan kapasitas serta isu isu takstis agar tercapai penjadwalan material dan tenaga kerja  yang efisien.

 

MMU 515

Akuntansi untuk Manajer

Accounting for Managers

Mata kuliah Akuntansi Manajemen memberikan pemahaman bagi mahasiswa, bahwa agar bisa melakukan bisnis dengan sukses diperlukan informasi yang relevan untuk menunjang manajemen mencapai kesuksesan.Sistem Informasi Akuntansi Manajemen menghasilkan informasi yang relevan untuk mendukung manajemen agar dapat mencapai kesuksesan tersebut. Informasi akuntansi manajemen, memberikan kemampuan bagi akuntan untuk membantu manajemen antara lain dalam hal-hal:

  1. Costing, planing dan control serta untuk pengambilan keputusan
  2. Pemahaman lintas fungsional untuk menghasilkan informasi yang dapat diandalkan oleh semua manajer.
  3. Penciptaan customer value, melalui total quality management, time is competitive element, advanced in information dan manufacturing technology, globalization market dan moralitas manajemen.

 

MMU 521

Metode Penelitian Bisnis

Business Research Method

Mata kuliah ini mencakup beberapa aspek utama metodologi penelitian, didesain untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan masalah-masalah dasar dalam melakukan penelitian bisnis secara ilmiah termasuk di dalamnya adalah tipe-tipe data dan pengukuran, sampling, probabilitas, serta desain kuesioner.Mata kuliah ini menekankan pada pentingnya dan batasan-batasan dari teori-teori dan metodologi-metodologi dalam penelitian bisnis secara ilmiah maupun dalam tujuan-tujuan terkait penelitian terapan, evaluasi program, analisa kebijakan, dan etika penelitian.Analisis data dengan chi square, Anova, korelasi, analisis faktor, dan regresi dibahas dalam mata kuliah ini.

Mata kuliah ini juga didesain untuk secara kritis mendiskusikan proposal-proposal penelitian mahasiswa. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi proses penulisan tesis dengan cara memberikan masukan dan kritik untuk menciptakan desain penelitian yang lebih baik. Diskusi-diskusi mengenai isu-isu dan teori-teori terkait konsep dan metodologi menjadi fokus utama dari mata kuliah ini. Setiap pertemuan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian melalui diskusi kelas.

 

MMU 522

Manajemen Keuangan

Financial Management

Mata kuliah ini membahas prinsip, teori, dan kerangka analisis manajemen keuangan perusahaan (corporate finance) yang dapat dipergunakan oleh manajer keuangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan keuangan perusahaan. Mata kuliah juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengerti teori manajemen keuangan perusahaan dan bagaimana mengaplikasikan pada kehidupan nyata yang mempunyai dampak pada penciptaan nilai berkelanjutan (generate lasting value impact).

Mata kuliah ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa untuk memahami dan menerapkan beberapa teknik dan konsep dalam pengelolaan keuangan. Mata kuliah ini berkonsentrasi pada 3 (tiga) keputusan keuangan utama: keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan keputusan distribusi pendapatan. Secara lebih detilnya, mata kuliah ini disain berkaitan dengan keputusan keuangan yang diambil oleh sebuah perusahaan dalam keadaan ketidakpastian (uncertainty). Keputusan-keputusan tersebut adalah: (1) keputusan investasi—proyek apa yang harus dipilih untuk berinvestasi/bagaimana menilai sebuah perusahaan atau sebuah asset; (2) keputusan pendanaan—bagaimana cara mendapatkan atau mengumpulkan modal di pasar keuangan (financial markets); (3) keputusan struktur modal—bagaimana struktur modal yang tepat (berhubungan dengan keputusan finansial); (4) keputusan corporate governance—mekanisme yang harus dilakukan untuk mengatur manajer dan pemegang saham terbesar; (5) keputusan dividen (corporate payout)—mengapa dan bagaimana cara mengembalikan kas pada investor; (6) analisis dan dianostik pasar modal—menganalisis informasi pasar modal untuk mengambil keputusan pada tingkat perusahaan; (7) merger and acquisition—bagaimana perusahaan dapat menggunakan merger dan akuisisi sebagai alat pertumbuhan; dan (8) manajemen risiko dan real options.

 

MMU 523

Manajemen Sumber Daya Manusia

Human Resources Management

Mata kuliah ini membahas penempatan sumber daya manusia pada posisi yang tepat dan transformasi pekerja menjadi sumber daya yang kompetitif. Materi yang akan dibahas mencakup perekrutan, pengembangan, pemberian  penghargaan, dan mempertahankan karyawan untuk kepentingan karyawan sebagai individu dan organisasi secara keseluruhan; pengelolaan sumber daya manusia strategis yang saling berinteraksi dengan departemen lain dalam sebuah organisasi untuk menciptakan strategi yang sesuai dengan tujuan  dan kebijakan organisasi; peran manajemen sumber daya strategis sebagai mitra dalam kesuksesan organisasi; pemanfaatan talenta dan peluang di dalam departemen sumber daya manusia untuk membuat departemen lain lebih kuat dan lebih efektif.

 

MMU 524

Analisis Lingkungan Bisnis

Business Environment Analysis 

Pada semester ini sudut pandang bahasan lebih menekankan pada ketidakpastian (uncertainly) dan bagaimana dunia usaha menyikapinya. Mata kuliah ini bertujuan melengkapi kemampuan mahasiswa dalam memahami dinamika lingkungan eksternal dunia usaha yang selalu berubah yang menimbulkan ketidakpastian dalam bisnis. Pendeteksian dini perubahan, tanda-tanda munculnya ketidakpastian, risiko yang dimunculkannya, serta langkah-langkah yang harus ditempuh merupakan inti pembahasan pada bagian pertama ini. Ketidakpastian memerlukan strategi bisnis yang bersifat dinamis dan fleksibel. Mahasiswa didorong untuk mengasah daya analisis serta menyusun strategi dan alternatif kebijakan bisnis dalam menghadapi ketidakpastian tersebut.

Lingkungan bisnis yang menjadi cakupan pembahasan meliputi global, nasional, dan industri. Beberapa studi kasus akan dibangun bersama selama perkuliahan, baik kasus keberhasilan maupun kegagalan. Dari sini diharapkan mahasiswa bisa menerapkan secara padu strategi dan kebijakan perusahaan yang tepat dalam menghadapi ketidakpastian bisnis.

 

MMU 525

Hukum Bisnis dan Etika Bisnis

Business Law and Business Ethics

Membahas tentang teori etika, pentingnya etika dalam bisnis, etika bisnis dan persaingan, sumber etika bisnis, etika universal, etika regional atau nasional, pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, pendekatan etika bisnis. disamping itu mata kuliah ini juga memuat hukum-hukum bisnis yang berlaku di Indonesia, baik terkait perdagangan, investasi, perpajakan, perizinan dan hukum lainnya

 

MMU 531

Manajemen Strategis

Strategic Management

Mata kuliah ini akan memberi pemahaman  tentang teknik analisis dan keahlian yang penting untuk mengidentifikasikan dan  melaksanakan strategi yang efektif.  Pembahasan dimulai dari overview elemen elemen utama proses manajemen strategi  dan bagaimana elemen elemen ini saling bersesuaian, selanjutnya pembahasan mengenai review pada integrasi dan implementasi strategi pada level korporasi dalam rangka mencapai keuntungan kompetitif.

Mata kuliah ini juga mengajarkan model pendukung bisnis, dan mengajarkan ketrampilan dan sikap kepada mahasiswa sehingga mereka dapat berinovasi.Mata kuliah ini memberikan keterkaitan antara teori yang luas dan praktek yang spesifik, berfokus pada bagaimana kreatifitas dapat dikuatkan dengan teknik pemodelan komersial yang kreatif (creative commercialization modeling technique).

 

MMU 532

Sistem informasi Manajemen

Management Information System

Sistem informasi teknologi adalah sebuah mata kuliah interdisipliner yang diperuntukkan bari para mahasiwa pasca sarjana untuk memahami teknologi informasi dan komikasi yang dinamis, proses manajemen, dan perubahan-perubahan keorganisasian. Topik-topik yang didiskusikan meliputi evolusi teknologi informasi dan komunikasi di perusahaan, beberapa aspek terkait hardware dan software komputer, sistem informasi strategis, perdagangan elektronik, sistem desain dan analisis, dan sistem informasi global. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah untuk membangun sikap-sikap positif dari mahasiswa terhadap peran strategis dari teknologi informasi dan komunikasi khususnya di dalam proses pembuatan kebijakan bisnis.Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep teknologi informasi yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan wawasan pengetahuan yang luas tentang sistem informasi, teknologi, aplikasi, pengembangan dan cara untuk mengelolanya. Pengetahuan ini benar-benar penting bagi mahasiswa sebagai manajer yang memiliki kompetensi di era informasi ini.Manajer pada saat ini tidak hanya dituntut untuk mengerti tentang komputer, tetapi juga mengerti tentang sistem informasi.

   

MMU 533

Metode Kuantitatif

Quantitative Methods

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan bagaimana membuat analisa dari data denganmenggunakan metode kuantitatif untuk membantu proses pengambilan keputusan. Mata kuliah ini didesain untuk memahami prinsip dan kaidah analisa kuantitatif,  memformulasikan permasalahan kedalam model matematatis yang sesuai, memahami teknik-teknik analisa kuantitatif deterministic (linear programming, integer programming, transportation dan assignment model), memahami teknik-teknik analisa kuantitatif probabilistic (analisa keputusan, teori antrian) serta menggunakan software untuk analisa kuantitatif dan menginterprestasikan hasil untuk mencapai daya saing kompetitif

  

MMU 534

Komunikasi Profesional

Professional Communication

Komunikasi professional merupakan sebagai bagian dari komunikasi yang khusus memerlukan dukungan multimedia seperti video, audio TV, komputer, internet dan bentuk-bentuk lainnya; agar memudahkan pemahaman, pemunculan daya tarik, kejelasan dan kemudaham diingat. Dengan kata lain, komunikasi profesional dapat diarikan sebagai komunikasi efektif yang terkait dengan penggunaan teknologi komunikasi dan informatika, serta peningkatan efisiensi melalui kontaksi sosial media (linera dan interaktif) yang dicirikan oleh komunikasi baru yang sesuai keinginan individu.

 

Kolokium

Colloqoium

Seminar Proposal  adalah forum akademik yang memberi kesempatan kepada mahasiswa memaparkan proposal penelitiannya menurut kaidah penelitian ilmiah sebagai pedoman penelitian untuk tesis. Secara akademik mahasiswa mempertahankan dan mempresentasikan dalam diskusi proposal di bawah bimbingan tim pembimbing dan tim pembanding. Mahasiswa yang menyajikan proposalnya juga akan mendapat banyak masukan dari mahasiswa peserta seminar hasil dan dosen pembanding.

 

Seminar

Finding

Seminar hasil adalah forum akademik yang memberi kesempatan kepada mahasiswa memaparkan hasil penelitian sesuai metodologi penelitian.  Secara akademik mahasiswa mempertahankan dalam diskusi sidang terbuka di bawah bimbingan timpembimbing dan tim pembanding. Mahasiswa juga akan mendapat banyak masukan dari mahasiswa peserta seminar hasil dan dosen pembanding.

 

Tesis

Thesis

Tesis adalah hasil penelitian mahasiswa yang disajikan sesuai format yang ditentukan program studi.Tesis diselesaikan setelah seminar proposal dan seminar hasil.  Penilaiannya dilakukan saat ujian  tesis yang meliputi penilaian tentang materi, kemampuan penyajian, kemampuan menjawab, serta penampilan dan sikap.

 

MMK 611

Branding and Marketing Communication

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori dan praktek kepada mahasiswa tentang Manajemen Rantai Pasokan sehingga memiliki kemampuan dan komptensi untuk menganalisis, mendesain dan mengembangkan sistem mengenai jaringan pasokan dari awal pengadaan sampai ke End User khususnya tentang prinsip dasar dan standar rantai pasok serta prosesnya juga kecenderungan masa depan rantai pasok yang berlaku dan terjadi di lingkungan perusahaan dan pemerintah sehingga memiliki kualitas layanan yang competen di mata end user.

 

MMK 612

Logistic and E-distribution Management 

Mata kuliah ini mempelajari pengembangan dan dasar-dasar dari disiplin ilmu logistik dalam struktur rantai pasokan. Mata kuliah ini juga menyajikan visi masa depan bisnis logistik dan SCM dan perannya dalam persaingan antar perusahaan dan industri. Mata kuliah ini juga menekankan hubungan pembeli-pemasok yang merupakan kunci baru untuk produktivitas dan daya saing manufaktur dan perusahaan jasa. Desain dan pengelolaan proses-proses yang melintasi batas-batas organisasi dengan tujuan untuk menyesuaikan penawaran dan permintaan dalam cara yang paling efektif.

  

MMK 613

Global Marketing 

Matakuliah ini memberikan gambaran tentang bagaiaman perusahaan multinasional menerapkan pemasarannya untuk melayani pasar luar negeri. Lingkungan pemasaran global mencakup factor ekonomi, social, budaya, hokum, politik, dan keuangan dianalisis untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman di segmen-segmen pasar yang dilayani. Perumusan startegi pemasaran global juga dibahas sebagai upaya memasuki segmen-segmen pasar yang telah ditetapkan dengan menggunakan kekuartan-kekuatan bauran pemasaran global yang kompetitif.

MMK 614

Service Marketing Management

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami metodologi untuk mendesain dan mengatur proses dari sebuah jasa sehingga dapat menyampaikan jasa dan menjaga kepuasan yang menjadi salah satu kompetensi suatu perusahaan agar dapat memenangkan persaingan.

 

MMK 615

Consumer behavior

Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi permasaran. Berbagai pendekatan multi disiplin dikembangkan: psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok refresni. Sedangkan dari faktor internal akan di bahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.

 

MMK 616

Advanced Marketing Strategy 

Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan yang disetir oleh pasar (market-driven company) mengidentifikasi isu-isu kunci, faktor-faktor penting untuk memilih strategi yang tepat dalam situasi pasar, persaingan yang semakin hebat, menguji konsep-konsep dan proses yang terkait dengan strategi yang disetir pasar (market-driven strategy). Mata kuliah ini juga menjelaskan bahwa semakin pentingnya nilai pelanggan superior (superior customer value), pengungkitan kapabilitas yang menonjol (leveraging distinctive capabilities), penanggapan terhadap keanekaragaman di tempat-pasar (responding to diversity in the marketplace), pengembangan produk baru (developing new products), dan pengenalan tantangan-tantangan bisnis global (recognizing global business challenges) yang memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan posisi yang kompetitif.

 

MMK 617

Integrated marketing communication 

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar komunikasi terpadu, proses alat, dan strategi komunikasi pemasaran, serta keterampilam dalam mengaplikasinya dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan komunikasi pemasaran.

  

MMK 621

Human Capital Performance Management

 Mata kuliah ini memberikan panduan bagi mahasiswa untuk mengelola dan mengembangkan bakat sehingga bakat (talent) yang dimiliki karyawan dan diharapkan dapat dioptimalisasi untuk melaksanakan tugas sebagaimana tujuan strategis dan juga mengetahui ROI pada investasi sumber daya manusia.

 

MMK 622

Man Power Development 

Perkuliahan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan awal dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM). Oleh karena itu pada level substansi (content) materi, terdapat 2 (dua) bidang penguasaan oleh mahasiswa, yaitu: (1) pengetahuan teoritis mengenai konsep dasar pengembangan SDM dan (2) kemampuan awal dalam menyusun program pengembangan SDM melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat). Pada level perangkat berpikir, diharapkan mahasiswa dapat mempertajam daya kritisnya dalam melihat kebutuhan pengembangan SDM yang dapat diatasi dengan program-program pelatihan serta mengaitkannya dengan bidang kajian kurikulum dan teknologi pendidikan. Selain itu juga diharapkan dapat terbangun kesadaran kritisnya dalam bahwa pengembangan SDM melalui program pelatihan dapat diarahkan pada upaya pemberdayaan (empowering) selain pengembangan kapasitas (kualitas) diri pribadi dan institusi/organisasi kerja.

 

MMK 623

Human factor engineering

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari ilmu tentang fenomena interaksi antara manusia dengan lingkungan kerjanya yang menjadi cikal bakal munculnya istilah human-centered design. Tujuan dari ilmu Human factor engineering tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja sistem dengan memperbaiki interaksi antara manusia dengan mesin. Dengan demikian, peran Human faktor engineering diharapkan semakin strategis dalam pengelolan berbagai bidang industri yang secara khusus berkembang menjadi Macroergonomics (Ergonomi Makro) yang berhubungan dengan penentuan karakteristik desain dan perbaikan sistem kerja secara keseluruhan.

  

MMK 624

Cultural Diversity and Management

Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman dasar dan cara mengembangkan budaya organisasi. Memberikan wawasan terkait dengan masalah keberagaman budaya dan terjadinya budaya multikultural. Perkembangan lingkungan menuntut pemahaman tentang perlunya melakukan perubahan budaya, untuk mana diperlukan pemahaman tentang peran kepemimpinan dalam budaya organisasi. Dalam kaitannya dengan manajemen antar budaya diperlukan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap kinerja, kompetensi yang diperlukan dan bagaimana komunikasi antar budaya perlu dilakukan. Mata kuliah ini juga membahas kasus dalam kerjasama dengan negara dengan budaya berbeda, antara lain dengan Amerika Serikat, Canada, Australia, dan beberapa negara Asia.

 

MMK 625

International human resource strategic 

Mata kuliah bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang melaksanakan tugas dalam perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan SDM. Menyusun suatu organisasi dengan mendisain struktur dan hubungan antara tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh tenaga kerja dipersiapkan. Dan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan SDM yang telah dimiliki, sehingga tidak akantertinggal oleh perkembangan organisasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengetahui kebutuhan atau dalam rangka penyediaan tenaga kerja yang dihubungkan dengan ketrampilan dan keahlian yang dipersyaratkan dalam bisnis internasional.

 

MMK 626

Talent Management

Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar, tujuan dan fungsi training, identifikasi kebutuhan akan training (need assesment), pengembangan kurikulum training, ragam model dan metode training, fasilitas dan sarana training, evaluasi training dan penyelenggaraan aspek administratif training. Metode perkuliahan disamping secara konsep teoritik, dilaksanakan pula simulasi dan pelatihan serta pemberian tugas-tugas.

 

MMK 627

Conflict Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen konflik, mengenali dan menangani perselisihan secara rasional, seimbang dan efektif. Terdapat lima langkah mendasar untuk bisa memahami manajemen konflik secara baik seperti pengenalan, diagnosis, menyepakati suatu solusi, pelaksanaan, dan evaluasi.

 

MMK 631

Enterprise Resource Planning 

Mata kuliah ini berisi tentang konsep integrasi sumber daya perusahaan dalam sebuah sistem tunggal. Integrasi pengelolaan sumber daya perusahaan, memungkinkan untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi dan memudahkan proses pengambilan keputusan. Proses integrasi dilakukan dengan menggunakan sistem tunggal berbasis komputer, yang diwujudkan dalam sebuah perangkat lunak dengan dukungan system basis data relasional yang handal. Mata kuliah ini berisikan tentang perkembangan definisi dan ruang lingkup Enterprise Resource Planning (ERP), aspek-aspek teknologi ERP, modul-modul ERP, implementasi dan pemeliharaan ERP, analisis kelayakan dan evaluasi sistem ERP dan software-software ERP. Mahasiswa dapat menerangkan kemampuan dari ERP, memahami kebutuhan perusahaan akan sistem ERP, dan menghasilkan proposal usulan Solusi ERP.

 

MMK 632

E-commerce & Small Business Management

Mata kuliah ini memperlajari tentang pemahaman-pemahaman konsep sistem e-commerce dan proses bisnis, konsep tentang B2B dan B2C, konsep pembuatan e-commercewebsite, konsep transaksi berbasis online dan pembayaran elektronik, serta konsep keamanan dalam e-commerce.

 

MMK 633

Corporate and Social Entrepreneurship 

Mata kuliah ini bersifat teori yang menjelaskan berbagai yang berkaitan dengan dunia usaha baik aspek managerial, system produksi, hingga pemasaran yang lebih menitik beratkan pada pembinaan kognitif dan kejiwaan mahasiswa, sehingga dapat menatap masa depan dengan penuh keyakinan. 

 

MMK 634

Technopreneurship 

Matakuliah ini memberikan pemahaman dan skill kepada mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi, dan mengevaluasi peluang wirausaha sesuai dengan bidang keahliannya, serta mengembangkan peluang usaha tersebut. Mata kuliah inimenggabungkan pengenalan teori dan praktek langsung (hands-on experience) secara terintegrasi dalam mengembangkan peluang usaha. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu menuangkan peluang usaha kedalam business plan yang efektif.

 

MMK 635

Bussiness Simulation

Mata kuliah ini merupakan perekayasaan bisnis dalam skala mikro (microworld) yang melibatkan tiga kegiatan utama secara integral; mencakup : konseptualisasi bisnis, eksperimentasi bisnis, dan refleksi bisnis. Perekayasaan mana bias dilakukan secara optimal; dalam tataran laboratorium bisnis atau di lapangan nyata. Sehingga para mahasiswa bias mengalami siklus pembelajaran yang utuh; dari mulai pengembangan teori dan hipotesa berbisnis yang solid (cognitive & intellectual learning), kemudian menguji efektivitas teori dan hipotesis ini di lapangan (action learning), dan akhirnya memriksa kembali dan merenungkan asumsi-asumsi, sikap-sikap, bias-bias) yang melandasi konseptualisasi dan eksperimentasi yang telah dilakukan sehingga diperoleh wawasan bisnis yang lebih bijaksana (emotional learning).

 

MMK 636

Entrepreneurial finance 

Mata kuliah ini menjelaskan tentang membuat keputusan investasi dan pembiayaan yang lebih baik dalam pengaturan kewirausahaan. Mata kuliah ini mencakup semua tahap siklus hidup usaha dari startup untuk keluar, dan menggali isu-isu seperti struktur kesepakatan, insentif, model bisnis dan penilaian dalam detail yang jauh lebih besar daripada TEM. Sekitar sepertiga dari kasus menyangkut bisnis berbasis teknologi, meskipun penekanannya adalah untuk mendapatkan wawasan ke dalam manajemen kewirausahaan, bukan teknologi semata.

 

MMK 637

Quality Management 

Mata kuliah ini secara garis besar menjelaskan membahas tentang konsep manajemen mutu, visi misi dan strategi mutu pelayanan kesehatan, total quality management, continuous quality improvement, gugus kendali mutu, analisis dan proses implementasi

 

MMK 641

Financial Risk management 

Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan dan membahas berbagai konsep manajemen risiko, alat, dan teknik dalam konteks global. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, mata kuliah ini menekankan pembahasan pada desain dan pelaksanaan praktik manajemen risiko. Dengan demikian, mata kuliah ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa memahami dan melaksanakan berbagai teori manajemen risiko dan praktek serta kemajuannya di masa depan (contohnya seperti pengendalian terhadap kerugian, pembiayaan kerugian, dan mekanisme pengurangan risiko internal).

 

MMK 642

Management Investment 

Mata kuliah manajemen investasi dan pasar modal merupakan mata kuliah untuk membantu mahasiswa dalam memperluas pengetahuan tentang investasi dan pasar modal baik dari teori, konsep, proses. Teknik, dan Mekanisme manajemen investasi dan pasar modal untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam penerapan konsep-konsep investasi dan pasar modal.

 

MMK 643

Financial Information Analysis

Mata kuliah ini membahas mengenai laporan keuangan, rasio-rasio keuangan, analisis sumber dan penggunaan modal kerja serta analisis titik impas.

 

MMK 644

Project Appraisal and Financing

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pengertian dan ruang lingkup perencanaan bisnis, pemilihan ide perencanaan bisnis baru dan ide pengembangan/perluasan bisnis, analisis situasi bisnis, perencanaan operasi/produksi barang/jasa, perencanaa pemasaran barang/jasa, perencanaan sumberdaya manusia, perencanaan keorganisasian bisnis, perencanaan kolaborasi bisnis, perencanaan pembiayaan dan estimasi financial dan prakiraan risiko bisnis.

 

MMK 645

Behavioral Finance 

Mata kuliah ini membahas tentang aspek perilaku para pengambil keputusan terutama investor di pasar modal atau aplikasi psikologi dalam dunia keuangan. Sebelumnya diasumsikan ada perfect information , perfect rational , dan perfect interest di pasar keuangan.

 

MMK 646

International Financial Management

Mata kuliah ini membahas mengenai manajemen keuangan internasional dalam hal konsep dan teori, serta praktik terbaik dan terburuk di seluruh dunia. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, dan keterampilan teknis yang dapat dipelajari dari diskusi teks dan kasus dari Perusahaan Multinasional. Manajemen keuangan internasional dapat didefinisikan sebagai manajemen keuangan pada perusahaan multinasional. Topik yang dibahas dapat dikelompokkan menjadi : lingkungan manajemen keuangan internasional, foreign exchange rate, pembiayaan internasional, investasi internasional, dan mengelola operasi keuangan perusahaan multinasional. Perkuliahan di kelas akan membahas kasus yang berkaitan dengan keuangan internasional.

 

MMK 647

Strategic Financial Policy 

Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman dan ketetrampilan dalam pemecahan masalah dalam kasus – kasus startegi dan kebijakan keuangan perusahaan pengganggaran modal, struktur modal, modal kerja. Sehingga mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan (skill) dalam mengkomunikasikan secara akademis terhadap ketiga hal tersebut (penganggaran, struktur, dan modal kerja perusahaan) yang nantinya diharapkan terwujudnya karya-karya ilmiah yang terpublikasikan pada majalah ilmiah.